Tuesday, 9 July 2013

All About L'Arc~en~Ciel ( Part 1)





L'Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル Raruku An Shieru, "Pelangi" dalam bahasa Prancis?) adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsuya (bass), dan Yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsuya pada Februari 1991. Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsuya.

Di Jepang saja, band ini telah menjual lebih dari 28 juta kopi album dan single, dengan terjual 13 juta album, 16 juta single, dan jutaan unit lainnya, termasuk video. Mereka peringkat di nomor 58 pada daftar Top 100 musisi pop Jepang, yang disediakan oleh HMV Jepang pada tahun 2003, dan termasuk di antara seniman yang paling berpengaruh di dunia musik Jepang. Serta Menempati Posisi 15 dalam List of 50 Best Selling Artists of All-Time in Japan .

Anggota Saat ini :
Hyde - vokal/gitar (1991-sekarang)Awalnya menggunakan nama HIDE .
Tetsuya - bass /backing vocal/leader (1991-sekarang) Awalnya mengunakan nama Tetsu, kemudian Tetsuya.
Ken– gitar/backing vocal (1992-sekarang)
Yukihiro - drum (1998-sekarang)

Mantan personel yang sempat memperkuat band ini:
Sakura (drum) (1992-1997) digantikan oleh Yukihiro karena memakai narkoba dan masuk penjara.
Hiro (gitar) (1991-1992)
Pero (drum) (1991-1992)

Awal Terbentuknya

Osaka, sekitar awal tahun 1991 dua orang anak muda bernama Tetsuya dan Hiro membentuk sebuah grup band. Tetsuya berperan sebagai bassis berikut vokal, sementara Hiro sebagai gitaris. Pada waktu itu Hyde masih menjadi gitaris di sebuah band bernamaKiddies Bomb, yang kemudian berganti nama menjadi Jerusalem’s Rod dan Hyde berganti posisi menjadi vokalis (meskipun pada saat itu ia sama sekali tidak tertarik dengan perannya tersebut).

Pada suatu hari Tetsuya menyaksikan penampilan grup band tersebut untuk kali pertama. Ketika itu ia merasa yakin bahwa Hyde adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi vokal di grup band-nya. Maka selama beberapa waktu ia terus mengikuti penampilan band tersebut, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk mengajak Hyde dan rekannya di Jersarem’s Rod, Pero untuk bergabung dengannya. Setelah beberapa kali melakukan session, Hyde akhirnya memutuskan untuk meninggalkan band lamanya dan bergabung bersama band Tetsuya. Maka terbentuklah formasi paling awal L’Arc~en~Ciel, yakni Tetsuya (bass sekaligus pemimpin band), Hyde (vokal), Hiro (gitar), dan Pero (drum).

Saat itu tetsuya sedang berada di sebuah kissaten (kedai teh/kopi) depan stasiun Hankyu Umeda di Osaka. Selain merekrut anggota band, tetsuya juga sedang mempertimbangkan nama yang tepat untuk band barunya. Kebetulan tetsuya melihat nama kissaten tempat dia nongkrong memiliki nama yang unik yaitu Raruku an Shieru (tertulis dengan huruf katakana). Walaupun awalnya tetsuya merasa tertarik menggunakan Raruku an Shieru sebagai nama band barunya, pada akhirnya tetsuya justru berpendapat sebaliknya.

Setelah kejadian di kissaten Raruku an Shieru, tetsuya masuk ke dalam sebuah toko buku dengan tujuan mencari nama yang cocok untuk band barunya lewat buku-buku yang ada di sana. Diantara sekian banyak buku yang dibaca, tanpa sengaja tetsuya membaca sebuah buku yang memuat kata Raruku an Shieru dan mengetahui artinya sebagai lengkungan di langit. Tiba-tiba saja tetsuya mendapatkan inspirasi, inti filosofi dari warna warni pelangi yang melambangkan campuran suara berbentuk musik. Seketika tetsuya memutuskan untuk menggunakan kata tersebut sebagai nama band barunya. Kata tetsuya, “Nama yang panjang dan agak sulit diingat orang (Jepang maksudnya), tapi jika ditulis dengan romaji (huruf latin), impact bagi orang yang baca akan menjadi lebih kuat.” Dengan demikian, tetsuya akhirnya menggunakan huruf latin dari kata Raruku an Shieru sebagai nama band barunya yaitu L’Arc~en~Ciel.

Penampilan live pertama mereka yaitu pada tanggal 30 Mei 1991 di Nanba Rockets. Bahkan ketika itu sang pemilik panggung berpikir bahwa L’Arc~en~Ciel akan menjadi sangat terkenal, dan hal itu terbukti beberapa tahun kemudian.

Kali ini saya akan coba mengulas profil dari masing - masing personel yang ada sekarang

1. Hideto Takarai ( Hyde )




HYDE adalah vokalis grup musik Jepang, L'Arc~en~Ciel. Penulisan namanya sebagai solo artis adalah HYDE (semua huruf kapital), dan hyde (semua huruf kecil) jika mengatasnamakan sebagai vokalis L'Arc~en~Ciel.

HYDE lahir 29 Januari 1969 di kota Wakayama, Prefektur Wakayama, Jepang. Bergabung dengan band L'Arc~en~Ciel pada tahun 1991 setelah meninggalkan posisinya sebagai gitaris di band terdahulu Jerussalem's Rod.

Hyde menikah dengan aktris, model, sekaligus pembawa acara televisi Jepang yang bernama Megumi Ōishi pada tanggal 25 Desember 2000. Mereka telah memiliki seorang anak laki-laki yang lahir pada tanggal 11 November 2003.

Karier solonya dimulai pada tahun 2001 setelah L'Arc~en~Ciel merilis single mereka yang berjudul Spirit Dreams Inside. Ia memulai solo kariernya dengan mengeluarkan 3 single yaitu "Shallow sleep", "Evergreen", dan "Angel's Tale". Album solo pertamanya keluar pada tahun 2002 berjudul Roentgen. Pada tahun 2003 ia merilis dua buah single berjudul "Hello" dan "Horizon", dan pada tahun yang sama, album kedua yang dinamakannya "666" dirilis. Pada masa solo kariernya, HYDE juga sempat bermain dalam film Moonchild(yang dibintanginya bersama Gackt dan Wang Lee Hom). Pada tahun berikutnya, ia memerankan karakter Adam dalam film Kagen no Tsuki (bersama Hiroki Narimiya danChiaki Kuriyama). Lagu "The Cape of Storms" dari album "Roentgen" menjadi soundtrack dari film ini.

Pada tahun 2006, HYDE merilis album ketiganya yang berjudul FAITH dan memulai debutnya di Amerika. HYDE menggelar konser di Slim's (San Francisco, California) dan tiketnya terjual habis hanya dalam tiga menit. Ia juga menggelar konser di House of Blues di Anaheim; the Fillmore, San Francisco; dan House of Blues, Hollywood. Tahun berikutnya, Hyde kembali aktif dengan L'Arc~en~Ciel.

Setelah L'Arc~en~Ciel dinyatakan kembali vakum, HYDE membentuk sebuah unit rock bersama gitaris band Oblivion Dust, KAZ. Unit ini bernama VAMPS dan bernaung di bawah label miliknya sendiri, VAMPROSE. Debut VAMPS dimulai dengan dirilisnya single "Love Addict" pada tahun 2008 yang bernuansa punk. Pada tahun berikutnya, albums yang bernama "VAMPS" dirilis. HYDE pun kembali konser di Amerika dengan nama VAMPS.

Dalam karier solonya, HYDE merupakan seorang pengguna fanatik gitar-gitar Fender. Dalam kariernya sebagai vokalis L'Arc~en~Ciel, hyde menggunakan Gretsch double cut dengan custom made kepala tengkorak di bagian head gitar. Sebagai hyde, ia juga terkenal dengan mikropon "salib", yaitu sebuah mikropon yang dibuat khusus berwarna perak dan berbentuk salib.

Beikut beberapa kebiasaan unik dari hyde :

  1. Pernikahan orang tuanya ditentang neneknya
  2. Berasal dari wakayama
  3. Anak tunggal dikeluarganya
  4. Ibunya sebenernya pengen punya anak cewek, makanya hyde sering didandani kaya cewek, pake baju imut, rambutnya panjang, banyak yang ngira hyde cewek
  5. Waktu SD ayahnya menghentikan semua kebiasaan ibunya, bahkan sang ayah masukin dia ke kelas karate
  6. Buta warna, tapi dia nggak buta selera, selera vintage adalah khasnya dia
  7. Walo buta warna, dia benci warna merah, alasannya aneh, pas sd dia kira ayahnya beliin dia tas warna merah (tas sd cowok jepang dlu harusnya biru, tapi karena dia buta warna dia lihatnya thu tas warna merah)
  8. Hyde ditemukan tetsu waktu dia gabung sama grup band bernama jerusalem’s rod
  9. Awalnya hyde Cuma seorang gitaris yang nggak pd sama kualitas suaranya sendiri
  10. Paksaaan tetsulah yang menghantar hyde menjadi seorang vocalist dengan kemampuan falsetto-nya yang paling dikenal
  11. Suka menggambar dan membuat puisi
  12. Sebelom jadi musisi dlu dia pengen jadi komikus, tapi dia sadar dia buta warna
  13. Musikus multitalenta, selaen bisa maen gitar dia bisa maen harmonika (di lagu flower) piano, drum, saxophone (lagu loreley)
  14. Dia suka pake kata kata kiasan bahkan kata kata aneh waktu mbuat lagu
  15. Saking anehnya ni lagu dia harus nyeritain ke media apa arti lirik yang dia buat
  16. Saking banyaknya lagu yang dia buat juga dia sering lupa liriknya, jadi kalo mau konser dia harus ngapalin dulu
  17. Nikah sama megumi oishi udah punya dua anak
  18. Sebelum ketemu sama sang istri, dia pernah cerita ma tetsu kalo dia ngefans bangaet ma si megumi
  19. Hasil dari curhatan ke tetsu adalah, megumi diundang di suatu acara pas personil laruku sedang diwawancara
  20. Pas megumi dateng, member laruku yang laen termasuk pembawa acara malah pada kabur, dan memberikan kesempatan untuk dua orang berkenalan. Sayang nggak ada hasil

Untuk profil dari member lainnya Klik Disini