Friday, 24 January 2014

10 Oleh – Oleh Khas Jepang Yang Wajib Anda Beli

Ketika kita mengunjungi sebuah negara, tentunya akan terasa sia - sia jika kita tidak menyempatkan membeli buah tangan.

Berikut beberapa macam buah tangan yang dapat anda borong untuk di berikan kepada keluarga, teman, maupun kekasih :D

1. Kimono


Pakaian tradisional khas Jepang ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh untuk diberikan kepada orang terdekat Anda. Namun, pemilihan jenis kimono yang tepat memerlukan pengetahuan tentang simbolisme dan isyarat yang terkandung dalam masing-masing jenis kimono. Untuk tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh warna dan pola tenunan, mulai dari kimono paling formal hingga kimono santai. Pakaian ini bisa menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, serta tingkat formalitas acara.


2. Bakiak Jepang


Bakiak Jepang atau kerap disebut dengan geta, merupakan sandal tradisional Negeri sakura yang terbuat dari kayu. Biasanya, alas kaki ini dipadankan dengan kimono. Jika ingin membeli produk ini sebagai oleh-oleh, Anda harus mengetahui bentuknya terlebih dahulu agar tidak salah membelinya. Geta untuk pria, didesain dengan bentuk persegi empat. Sedangkan untuk wanita berbentuk oval.


3. Furin


Edo furin dikenal sejak tahun 1600 dan diduga telah dibawa ke Jepang dari China. Furin awalnya digantung di hutan bambu untuk mengusir roh-roh jahat yang diduga tinggal di sana. Seiring waktu furin Edo telah menjadi perlengkapan musim panas di Jepang dan akhirnya bangsa Jepang lebih menyukai suara yang unik dan damai yang ditimbulkan dari lonceng yang terbuat dari gelas/kaca.


4. Boneka Kokeshi


Merupakan boneka kayu yang menggambarkan sosok gadis Jepang. Boneka kokeshi ini dibuat dengan bentuk badan yang silinder, berkepala bulat di atasnya, serta tidak memiliki tangan dan kaki. Produk ini dibuat di daerah Tohoku, sejak abad 17-18. Boneka khas Jepang tersebut bisa Anda beli sebagai buah tangan atau cendera mata.


5. Maneki Neko


Maneki neko ini adalah boneka yang diharapkan bisa mendatangkan keberuntungan dalam bisnis.


6. Boneka Daruma


Daruma ( だるま atau 達磨 ) adalah boneka sekaligus mainan asal Jepang dengan bentuk hampir bulat, dengan bagian dalam yang kosong serta tidak memiliki kaki dan tangan. Model dari benda ini adalah Bodhidharma, pendiri dari Zen.

Boneka ini merupakan pembawa keberuntungan dan lambang harapan yang belum tercapai. Daruma dijual dengan kedua belah mata yang belum digambar. Orang yang ingin harapan atau cita-citanya terkabul menggambar salah satu sisi dari kedua matanya dengan kuas dan tinta. Bila harapan orang tersebut sudah tercapai, daruma akan menerima mata yang satunya lagi.


7. Sampuru


Sampuru adalah replika makanan asli Jepang, bentuknya mirip asli


8. Boneka geisha


Satu lagi boneka khas Negeri sakura yang tidak kalah popular, yaitu boneka geisha yang dapat digunakan sebagai pajangan di rumah. Boneka tersebut hadir dengan menggunakan kimono, riasan wajah tebal, serta hiasan rambut yang khas.


9. Hanetsuki


Hanetsuki adalah sebuah permainan tradisional jepang yang mirip seperti bulu tangkis / badminton. Dimainkan dengan sebuah pemukul kayu yang disebut Hagoita dengan kok-nya yang disebut Hane. Seperti yang saya ketikan barusan, memang mirip dengan badminton / bulu tangkis, tapi Hanetsuki dimainkan tanpa net. Popularitas permainan ini telah seriring menurun. Dan Hagoita-nya saat ini banyak menjadi bahan koleksi para kolektor saja.


10. Kendama


Kendama (けん玉 atau 剣玉) adalah nama mainan asal Jepang berupa sebuah bola berlubang (tama) yang diikat seutas tali ke sebuah palang (ken) yang bentuknya mirip sebuah palu. Di Jepang, permainan ini dilombakan dalam kompetisi tingkat nasional. Kendama juga tersedia untuk orang kidal.

Source : google.com