Sunday, 10 May 2015

Apa itu Odottemita ( 踊ってみた ) ?

odottemita
Odottemita

Terkada kalian tidak harus  menjadi dancer, artis,atau penyanyi profesial untuk mendapat ribuan viewers di Youtobe. Hanya dengan meng -upload sesuatu yang unik, yang bahkan lebih menghibur dari orang - orang yang tlah lebih dahulu populer.



Sama seperti di barat yang memiliki video niches atau hashtags  so to speak, begitu juga Jepang. Salah satu kata kunci yang umum digunakan atau video niches adalah Yattemita (や っ て み た) artinya "mencoba melakukan".
  
Kata - kata yang paling sering muncul dapat dibagi menjadi beberapa subkategori diantaranya egaitemita (mencoba atraktif), utattemita (mencoba menyanyi), ensoushitemita (mencoba melakukan pertunjukan musik), dan nico nico gijutsu-bu (kesatuan seni dan teknologi ).

Odottemmita secara umum dapat diartikan sebagai dance cover, dimana seorang odorite (dancer) meng-cover gerakan dance suatu lagu lalu di-upload . Pada umumnya lagu yang digunakan adalah lagu Vocaloid dan Touhou, tapi tidak terbatas itu saja sebenarnya. Yang menarik, umumnya koreografi dance diciptakan secara original oleh seorang odorite dan kemudian di-cover oleh odorite yang lain.

Sejarah  perkembangan odottemita tidak terlalu lama, sebagai video pertama ditandai dalam kategori yang diupload pada tahun 2007. Lagu ini dibawakan oleh Seira (せ い ら).  Terlihat seorang ranger pink menari liar terisnpirasi dari parodi Megaman 2, meskipun lebih mengarah ke kategori "enjoyment".

video

Dan itu jelas  kini sudah menjadi lebih serius, dimana banyak ditemukan ribuan video yang terinspirasi dari musisi dan koreografer dance terkenal. Cukup mencari di Youtube dengan keyword odottemita atau 踊 っ て み た dan Anda akan menemukan banyak orang yang memberikan rendition terbaik mereka dari koreografi lagu-lagu populer.

video
 
J Pop Summit mungkin adalah acara yang paling populer di negara-negara yang memiliki odottemita, yang datang dalam bentuk kontes mencari siapa penari odottemita terbaik yang nantinya akan diberikan hadiah. Di bawah ini adalah salah satu pengiriman video kontes  tahun lalu.

video

Hmm, tertarik mencobanya ?

Source : japanrealm