Saturday, 3 September 2016

Pesona Indonesia I Temu Kangen Kaldera Gunung Batur !

Gunung Batur
Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, berwisata di Gunung Batur adalah pilihan yang sempurna. Anda bisa membayangkan, obyek wisata yang terletak di Kintamani Bali ini menawarkan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan.

Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 – 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu.

Kaldera gunung berapi Batur yang terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, pulau Bali ini terletak pada ketinggian 1000 – 2172 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki cuaca dingin dengan suhu rata-rata antara 15-21 celcius. Daya tarik tempat ini adalah kawah, kaldera dan Danau Batur.

Kaldera Gunung Batur
Kawasan penelokan kintamani memang menyimpan keindahan alam yang begitu sangat mempesona serta mampu menarik para turis untuk berkunjung ke wilayah ini, dan hal tersebut disebabkan karena wilayah Kintamani mempunyai obyek wisata andalan,
dengan adanya keberadaan gunung berapi aktif disamping juga adanya kawasan danau batur, yang notabene danau batur ini merupakan danau terluas yang terdapat di pulau bali.

Jarak tempuh untuk mencapai kawasan wilayah obyek wisata Gunung Berapi Danau Batur Kintamani Bali sekitar 2.5 jam perjalanan dari kota Denpasar.

Ada cerita dari Lontar Susana Bali yang mengatakan Gunung Batur adalah puncak Gunung Semeru di Pulau Jawa yang digerakkan oleh Batara Pasupati menjadi Sthana (tahta) dari Betari Danuh. Pada waktu tertentu, semua orang Hindu dari berbagai daerah di Bali datang untuk memberikan Suwinih (persembahan) ke Gunung Batur. Upacara ini digunakan untuk mengusir hama yang mungkin akan menyerang ladang pertanian masyarakat di sekitar Batur. Mereka percaya dengan memberikan suwinih, ladang pertanian di daerah sekitar gunung Batur menjadi daerah yang subur.

Buat temen - temen yang bingung mau berkunjung ke Gunung Batur tapi kesulitan buat mencari akses ke Gunung Batur, berikut website yang bisa kalian kunjungi buat reservasi tempat.. Kalian bakal dapat kesempatan untuk menjelajahi indahnya Gunung Batur dengan bantuan Pemandu yang tentunya bakal sangat membantu anda.

10% OFF Mt. Batur Volcano Sunrise Trek / Private Path Hike 

Tertarik berwisata ke Kaldera ? Siapkan kamera dengan baterai penuh dan segera meluncur hunting foto ke Gunung Batur yang mempesona !!

Sumber : Dari berbagai sumber