Friday, 20 November 2015

Tips Keren Buat Menghadapi Ujian JLPT ( Japanese Language Proficiency Test )

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi non-penutur asli bahasa Jepang dan akan mendapatkan sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan level.

Dalam JLPT terdapat 5 level yaitu N1, N2, N3, N4 dan N5. N5 adalah level terendah dan N1 adalah level tersulit. dan inilah patokan untuk masing-masing level JLPT.


N5 : Menguasai Kanji sekitar : 100
menguasai kosakata sekitar : 800
dan bisa memahami kalimat standar jika ditulis dengan hiragana atau dengan Kanji yang sangat sederhana.

N4 : Menguasai Kanji sekitar : 300
menguasai kosakata sekitar : 1500
dan dapat mengerti percakapan sehari-hari, jika di ucapkan dengan lambat, dan dapat membaca materi sederhana

N3 : Menguasai Kanji sekitar : 650
menguasai kosakata sekitar : 3750
bisa mengerti artikel dalam bahasa Jepang jika ditulis dengan kanji-kanji yang mudah, dan dapat mengikuti perkataan orang Jepang dengan kecepatan normal.

N2 : Menguasai Kanji sekitar : 1000
Menguasai kosakata sekitar : 6000
dan dapat memahami tulisan dengan topic umum dan mengerti percakapan dan berita dengan kecepatan normal

N1 : Menguasai Kanji sekitar : 2000
Menguasai kosakata sekitar : 10000
dan dapat memahami berbagai macam percakapan dalam situasi tertentu. juga dapat memahami perbedaan nuansa dalam kalimat jika menggunakan kata tertentu.

Ok, sekilas tentang JLPT. Hmm.. Ketika kalian memutuskan untuk ikut test JLPT, tentunya selain membutuhkan kemampuan dasar, kalian juga perlu mempersiapkan beberapa hal.

Mungkin kalian pernah mengalami situasi ketika anda sudah membeli beberapa buku untuk di pelajari, namun dengan kesibukan yang begitu padat, buku yang sudah kalian beli tadi hanya menjadi tambahan koleksi buku tanpa sempat anda baca.. Ketika anda sadar jadwal ujian sudah semakin dekat.. nah loh... haha

Kalau sudah gini rasanya mau belajar aja udah males.. hehe..

Tenang, saya punya beberapa solusi yang mungkin bisa membangkitnya gairah dan motivasi kalian agar waktu yang tersisa sedikit bisa dimanfaatkan lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Oke, Langsung saja..


1. Jangan Mengandalkan Sepenuhnya Pada Buku Teks.


 
Sumber : jpninfo.com

 
Perasaan terbaik saat mengikuti ujian adalah mengetahui informasi seperti membalikan telapak tangan, dan cara yang paling baik untuk melakukan itu adalah membiarkannya meresap secara alami ! Membeli sendiri buku cerita atau tentang film favorit anda yang menyajikan bahasa Jepang serta mudah di mengerti. Kalian dapat membacanya sesering yang kalian bisa. Hal terbaik dari ini adalah bahwa kisah-kisah yang akrab, kata-kata yang sering diulangi dan keluar dalam chapter yang berbeda.


2. Coba Metode Seinfeld


Sumber : jpninfo.com


 
Jika Kalian Penganut paham Jepang seperti 「継 続 は 力 な り」 ( Diterjemahkan sebagai "Berkelanjutan adalah kekuatan" ), Metode Seinfeld sangat cocok untuk anda karena secara visual kamu dapat melihat perkembanganmu ! Hanya dengan hanya mencoret hari pada kalender jika Anda mencapai tujuan sehingga memberikan dorongan energi yang besar, sehingga kalian lebih percaya diri pada saat ujian.


3. Perbanyak Percakapan Dengan Teman.

 
 
Sumber : jpninfo.com


Perlihatkan buku bahasa Jepang yang sering kalian pakai untuk belajar dan mungkin akan ada beberapa kata yang tidak wajar atau kata-kata yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Diskusikan dan minta mereka apa yang lebih baik serta alasan untuk kalimat tersebut terdengar aneh. Jika Kalian melakukannya, bukan hanya Anda menjadi lebih akrab dengan kata-kata yang di ujian, tetapi Kamu tidak harus terdengar seperti menghafal buku pelajaran ketika benar-benar berbicara.


4. Persiapkan Apa Saja Yang Akan Dibawa Saat Ujian

 
 
Sumber : jpninfo.com

Jangan lupakan hal - hal mendasar. Kalian membutuhkan jam, beberapa pensil 2B, rautan pensil, penghapus, dan kartu ujian. Mereka benar-benar ketat tentang hal-hal ini dan bahkan tidak memungkinkan Anda untuk meminjam barang apapun saat ujian. Pastikan untuk membawa semuanya ! Tentunya Kalian tidak ingin membuang-buang menit tes yang sangat berharga hanya untuk kesalahan sederhana yang seharusnya bisa dihindari !

5. Santai

 
 
Sumber : jpninfo.com



Cobalah untuk menghapus semua pengalaman buruk dari ingatan Anda soal ujian sekolah dan universitas. Sangat mudah mengeluh dengan teman-teman tentang bagaimana sulitnya, but it comes down to studying and keeping a positive outlook. Kalian tidak memerlukan hal -hal yang mengganggu ketika sedang sibuk melingkari pertanyaan pilihan ganda

Ujian yang tersedia adalah untuk menguji sejauh mana pengetahuan Anda saat ini dan tidak ada yang harus ditekankan secara pribadi. Selalu ada tahun depan untuk mencoba kembali !

Anda akan merasa memiliki lebih banyak kesamaan dengan orang lain sesama peserta ujian ! Tidak hanya mereka, semua orang mengambil langkah besar ke Jepang. Selama mengikuti, akan ada begitu banyak orang baru untuk diajak bicara dan dari berbagai kalangan yang berbeda untuk saling mengenal. Anda akan senang ketika meninggalkan tempat ujian setelah mengenal beberapa kepribadian baru dalam hidup Anda dan kesempatan tinggi memanfaaatkan JLPT Anda !

Ganbatte minna-san !!


Source :
jpninfo