Monday, 20 July 2015

Tujuh Makanan Khas Jepang Yang Wajib Dicoba



Ketika berkunjung ke suatu negara, tentunya tidak lengkap jika kita tidak mencicipi makanan khas dari negara tersebut.
Jepang ! Hmm... Hal pertama yang kita bayangkan tentunya berkunjung ke tempat wisata yang menjadi ikon dari negara Jepang. But guys,, lupakan sejenak tentang universal studio, cosplay apalagi anda berpikir saya akan membahas tentang para gadis - gadis cantik negeri matahari terbit ini.. Hahaha... not to bad..

Kali ini kita akan berbicara tentang urusan lidah.. haha.. yes,, makanan khas Jepang.

Makanan khas Jepang wajib dicoba ketika kita berkunjung ke Jepang. Meskipun, banyak restoran Jepang di Indonesia yang menyediakan makanan Jepang, mencobanya langsung di negara asalnya akan terasa berbeda. Lalu, apa saja makanan khas Jepang tersebut
?

Hmm...Langsung aja ya...Awas jangan ngiler ya...

Onigiri





Makanan ini nampak simpel, dengan bahan utamanya nasi putih. Cara membuatnya hanya dengan memadatkan nasi putih dengan tangan, atau dengan alat khusus pencetak onigiri. Nasi kemudian dibungkus dengan rumput laut, dan di dalamnya diisi udang, daung bawang, mayonnaise, ume (asaman buah plum) dan telur ikan terbang.

Sushi



Makanan khas yang satu ini sangat populer tidak hanya di Jepang, tapi juga ke luar negeri, termasuk Indonesia. Bahan dasar sushi berupa nasi yang mendapatkan tambahan telur, makanan laut, dan sayuran segar. Melihat sushi tanpa memakannya akan membuat siapapun ingin mencobanya. Penampilan yang cantik serta menggugah selera membuat sushi ini sangat menggiurkan. Sebagai makanan yang lezat dan sehat, sushi umumnya dijadikan santapan pagi hari. Akan terasa nikmat jika makan sushi ditemani oleh kecap asin dan wasabi.

Tempura



Tempura berarti “memasak”. Makanan khas Jepang ini pertama kali diperkenalkan oleh Portugis pada abad XV, dan sekarang makanan ini tidak hanya terkenal di Jepang, tapi juga di berbagai negara. Tempura dibuat dari bahan sayuran dan makanan laut, yang kemudian digoreng lalu dibalut menggunakan tepung renyah.

Sashimi






Secara sekilas, sashimi sangat mirip dengan sushi, namun makanan ini lebih tua ketimbang sushi. Beda keduanya terletak pada nasi dan dagingnya. Sashimi terdiri dari daging mentah murni dan terbuat dari makanan laut seperti ikan yang dimakan dengan wasabi dan kecap asin.

Shabu-Shabu



Yang membuat makanan ini unik adalah isinya yang berupa irisan daging tipis, jamur, tahu dan sayuran. Daging yang umumnya digunakan berua daging sapi, namun daging ayam, gurita dan ikan pun terkadang dipakai sebagai isi. Membuat shabu-shabu harus dimasak menggunakan panci khusus. Agar lebih nikmat, shabu-shabu disantap dengan saus Jepang berkandungan gomadare atau wijen.

Sukiyaki



Mirip dengan shabu-shabu, makan khas Jepang yang ini penyajiannya menggunakan panci sambil dimasak. Di dalamnya diisi daging sapi diiris tipis, jamur, sayuran dan tahu. Cara memasaknya dengan cara direbus. Cara memakannya cukup unik, yaitu dengan mencelupkan irisan daging ke dalam kocokan telur yang disiapkan pada mangkuk kecil terpisah.

Ramen



Ramen merupakan makanan yang biasa disantap orang Jepang. Makanan ini dikemas pada sebuah cangkir dan dimasak seperti ketika memasak mie instan, yaitu dengan menambahkan air panas ke dalam cup lalu tunggu beberapa waktu sampai mie di dalam cup lunak dan siap dimakan. Karena alasan inilah, ramen disebut “mie instannya orang Jepang”.

Itulah tujuh makanan khas Jepang yang patut dicoba bila Anda mau bepergian ke Jepang. Meskipun bisa dibeli di restoran Indonesia, memakannya di Jepang akan terasa lain.



Source : omiyage